Jadikan Sekolah Menyenangkan Seperti Taman

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengingatkan kembali pesan Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, untuk menjadikan sekolah menjadi Taman Belajar yang menyenangkan untuk para siswa.

Anak-anak tumbuh berdasarkan kekuatan kodratinya yang unik. “Bermain adalah tuntutan jiwa anak untuk menuju ke arah kemajuan hidup jasmani, maupun rohani,” kata Mendikbud menurut pesan Ki Hadjar Dewantara.

Ia mengatakan, banyak orang yang belum membaca buku “Sekolah Taman Siswa” yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara. Padahal buku tersebut merupakan buku pendidikan yang sangat penting.

“Kita wajib membaca buku Ki Hadjar Dewantara, untuk mengembalikan cita-cita pendidikan nasional, khususnya menjadikan sekolah sebagai taman penuh kebahagiaan,” tuturnya. “Bahkan negara Finlandia yang sering kita puji kemajuannya dalam dunia pendidikan menerapkan ajaran Ki Hajar Dewantara tersebut. Namun sayangnya sekolah kita malah tidak menerapkan,”

Anies mengatakan, para pemangku kepentingan bidang pendidikan dan kebudayaan harus bisa menciptakan prinsip pendidikan yang membuat anak-anak menjadi ketagihan dalam belajar. Pemerintah dan masyarakat harus turut serta dalam membangun prinsip tersebut sehingga pendidikan menjadi dunia yang menyenangkan bagi anak – anak Indonesia.

“Anak-anak itu suka dengan taman, mereka selalu ingin kembali ke taman. Makanya mulai sekarang kita harus mengembalikan sekolah menjadi taman sehingga anak-anak senang berangkat ke sekolah,”ujar Anies.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)
– See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/berita/jadikan-sekolah-menyenangkan-seperti-taman.html#sthash.AfxzNwCp.dpuf

There are grasses that let you fly from island to island and flowers that allow you to shoot huge our latest blog snot balls among other things

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *