Inilah 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Korea Selatan

Kunci dari kesuksesan sistem pendidikan di Korea Selatan ini adalah teknologi. Serta pemerintahannya yang terpusat. Untuk anak berusia antara 6 – 15 tahun dibebaskan dari biaya pendidikan.

Singapura

Singapura memiliki sistem pendidikan yang kuat. Siswa di sana bercita-cita tinggi dan mereka mencapai hasil yang sangat baik. Hal ini diakui di seluruh dunia. Dengan memiliki sekolah yang baik, dengan pemimpin sekolah dan guru yang berkualitas, dan fasilitas yang terbaik di dunia.

Hongkong

Hong Kong juga mempunyai kualitas yang sangat baik dalam pendidikan. Sistem pendidikan yang dibuat kompetitif dan kualitas dari pendidik yang baik juga mendorong suasana belajar yang tinggi.

Finlandia

Bukan sebuah kebetulan Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Mereka telah menerapkan reformasi pendidikan besar-besaran 40 tahun belakangan. Sistem sekolah ini konsisten dilakukan di atas rata-rata sistem pendidikan internasional. Rahasia dibalik kesuksesan pendidikan di sana yaitu mereka ternyata tidak membebani murid-muridnya dengan tugas yang menumpuk dan biaya pendidikan pun di gratiskan serta profesi guru merupakan profesi yang selektif bahkan lebih sulit dari hukum atau kedokteran. Hanya yang berkualitaslah yang bisa menjadi guru.

Jepang


Sistem pendidikan Jepang sekarang yaitu 6-3-3-4 (6 tahun sekolah dasar, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA dan 4 tahun Universitas) dengan mengacu ke sistem Amerika. Gimukyoiku (wajib belajar) 9 tahun, 6 di shougakkou (SD) dan 3 di chuugakkou (SMP). Perbedaan besar antara sistem sekolah Jepang dan sistem sekolah Amerika bahwa sistem Amerika menghormati individualitas sementara Jepang mengontrol individu dengan mengamati aturan kelompok. Hal ini membantu untuk menjelaskan karakteristik perilaku kelompok di Jepang.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)

Sumber: http://www.kesekolah.com/

Catchphrases can be help on a essay for free action words like johnny storm’s flame on

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *